Belajar Lagi Mengenai Thaharah

Kamu tahu nggak, apa itu thaharah?! Coba deh, inget-inget lagi. Semasa kecil dulu, pasti ibu kamu pernah ngajarin, atau mungkin pelajaran waktu di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ), ustadz dan ustadzah kamu semangat sekali nerangin thaharah itu. Udah inget?! Kalo belum, aku tunjukin deh, makna thaharah itu bersuci.
Belajar Lagi Mengenai Thaharah
Foto via: musmus.me
Lebih jelasnya gini, bersuci itu ngilangin perkara yang bisa ngalangin ibadah kamu, seperti shalat, tawaf atau nyentuh Al-qur’an. Kalo perkara-perkara yang ngalangin ibadah kamu itu dinamai hadast atau najis. 

Cara ngilanginnya mudah kok, cukup kamu bersihin kotoran dari anggota badan, baik yang berwujud maupun yang udah hilang wujudnya. Alatnya pun bisa kamu pilih, mau pake air ataupun tanah. Tentu didahulukan pake air, kalo nggak ada, baru boleh pake tanah (tayammum).

Lantas, apa hukum bersuci itu?! Tentu wajib. Kalo nggak diwajibin, kamu pasti nggak mau ribet bolak-balik kamar mandi hanya bersihin hadast dan najis kan? Gimana mau dapet pahala, kalo bersuci aja nggak mau. Padahal syarat syahnya shalat itupun harus suci. 

Udah dijelasin dalam firman Allah surat Al-Baqarah ayat 222, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai pula orang-orang yang mensucikan diri.”